Nama Lengkap :
Email Anda :
Subject (Optional) :
Ketikkan Pesan Anda :




Hubungi Kami

PT Bank Rakyat Indonesia Persero (Tbk)

Jalan Jenderal Sudirman Kav. 44-46 Jakarta Pusat

Call us : 0804-1000-500 (FREE)

Mail us : helpdesk.NIK@bri.co.id



Frequently Asked Question (FAQ)

1. BRIMOLA terdiri dari apa saja ?

a. Aplikasi Web BRIMOLA

b. Aplikasi Mobile BRIMOLA (khusus Pangkalan)

c. Fitur SMS Plain Text ke nomor 3300 (khusus Pangkalan)

3. Cara mendapatkan Aplikasi Mobile BRIMOLA

• Untuk HP Android, aplikasi dapat didownload via Google Playstore dengan keyword: BRIMOLA.

• Untuk HP iOS, aplikasi dapat didownload via App Store dengan keyword: BRIMOLA.

4. Apakah aplikasi sudah tersedia di App Store ?

Aplikasi BRIMOLA saat ini sudah tersedia di App Store.

5. Cara mendaftar sistem BRIMOLA sebagai Agen Pertamina

Nasabah BRI dapat melakukan pendaftaran kepada Tenaga Pemasar / FO / RM Dana di Kantor Cabang BRI terdekat untuk mengisi formulir pendaftaran agen BRIMOLA. Data agen tersebut nantinya akan diteruskan ke staf Bagian Retail Payment & Card (RTC) di Kantor Wilayah BRI.

6. Cara mendaftar sistem BRIMOLA sebagai Pangkalan Pertamina

Silahkan menghubungi Agen yang bersangkutan. Agen yang sudah terdaftar pada aplikasi BRIMOLA dapat melakukan pendaftaran data pangkalan melalui menu Create Pangkalan di web BRIMOLA.

7. Untuk agen yang baru terdaftar dan ingin mendaftarkan pangkalan-pangkalannya untuk pertama kali, apakah harus input satu-satu di menu Create Pangkalan?

Tidak harus, agen dapat meminta bantuan kepada Tenaga Pemasar / FO / RM Dana di Kantor Cabang BRI (poin 5). Data pangkalan akan diteruskan kepada staf Bagian Retail Payment & Card (RTC) di Kantor Wilayah BRI untuk dilakukan proses pendaftaran data pangkalan secara bulk / gelondongan.

8. Penyebab gagal upload data Agen atau Pangkalan pada user admin Kantor Wilayah BRI :

a. Adanya kesalahan format file excel, sebaiknya menggunakan format yang dapat diperoleh dari web BRIMOLA pada menu Upload Agen maupun Upload Pangkalan

b. Terdapat duplikasi data nomor handphone atau ID Pangkalan / Agen dengan yang telah terdaftar sebelumnya.

c. Terdapat duplikasi data nomor handphone atau ID Pangkalan / Agen dalam file yang akan diupload.

9. Bagaimana ketika Agen atau Pangkalan lupa password ?

a. Klik link Reset Password pada halaman login web atau aplikasi mobile BRIMOLA untuk Agen maupun Pangkalan

b. Masukkan nomor handphone yang terdaftar, lalu klik Submit

c. Selanjutnya akan dikirimkan kode OTP ke nomor handphone yang terdaftar

d. Masukkan password baru, konfirmasi password baru dan kode OTP pada halaman Lupa Password, lalu klik Submit

e. Jika inputan valid, maka password otomatis berubah

10. Terjadi Kesalahan Entry nomor handphone pada saat dilakukan pendaftaran Agen dan Pangkalan oleh staf Kantor Wilayah BRI atau pendaftaran Pangkalan oleh Agen

a. Dapat dilakukan perubahan data nomor handphone.

b. Untuk nomor handphone Agen dapat dirubah oleh user admin Kantor Wilayah BRI, sedangkan untuk nomor handphone Pangkalan dapat dirubah oleh user Agen yang bersangkutan

c. Perubahan nomor handphone dapat dilakukan di menu Agen – Edit (user admin Kantor Wilayah BRI) atau di menu Pangkalan – Edit (user Agen yang bersangkutan)

d. Selanjutnya, Agen atau Pangkalan dapat login dengan username (nomor handphone) yang baru dan password eksisting

e. Apabila yang bersangkutan tidak mengetahui password eksisting maka dapat dilakukan langkah Lupa Password pada Point 9 di atas

11. Bagaimana jika SMS notifikasi user name dan password tidak terkirim ke nomor handphone Agen atau Pangkalan yang telah didaftarkan :

a. Pastikan nomor handphone yang didaftarkan benar

b. Pastikan nomor handphone terdaftar masih aktif

c. Apabila nomor handphone benar dan aktif namun SMS Notifikasi tidak masuk ke handphone yang bersangkutan, masuk ke halaman Web atau Aplikasi Mobile dan lakukan mekanisme lupa password pada point 9 (No.HP sesuai dengan yang telah didaftarkan sebelumnya)

12. Bagaimana cara melakukan pemesanan LPG oleh user Pangkalan melalui BRIMOLA?

a. Lihat info kuota di tampilan depan aplikasi mobile untuk memastikan ketersediaan kuota pada tanggal akan dilakukan pemesanan

b. Akses menu Buat Order untuk melakukan pemesanan dengan menginput jumlah tabung gas dan tanggal pengiriman

c. Lakukan konfirmasi pemesanan jika data pemesanan sudah sesuai, lalu akan ditampilkan pilihan Metode Pembayaran (sesuai yang diatur oleh Agen yang bersangkutan) antara lain : BRI Virtual Account (default), Kartu Kredit / Debit Online (opsional), Direct Debit BRI (default)

d. Setelah user melakukan pemilihan Metode Pembayaran, sesuai pilihan :

i. BRI Virtual Account (BRIVA)

• Akan muncul invoice yang terdiri dari nomor BRIVA, masa kadaluwarsa, nominal, dan detail tagihan

• Lakukan pembayaran melalui channel perbankan BRI (ATM, EDC, Internet Banking, Mobile Banking, BRIMO, CMS, Internet Banking Bisnis, Agen BRI Link, Teller di Unit Kerja BRI terdekat) atau melalui ATM bank lain dengan menu transfer

• Di masing-masing channel, jika pembayaran berhasil akan muncul halaman Sukses

ii. Kartu Kredit / Debit Online

• Akan muncul halaman untuk menginput data kartu Kredit / Debit yang disediakan oleh mitra BRI yaitu Faspay

• Inputan terdiri dari Nama Pemilik Kartu, Nomor Kartu, Bulan dan Tahun Kadaluwarsa serta input kode rahasia CVV (3 digit di belakang kartu)

• Setelah berhasil melakukan penginputan data, maka akan muncul halaman 3D Secure yang mengirimkan sms berisi kode OTP ke nomor HP yang terdaftar pada data perbankan

• Lalu user menginput kode OTP untuk menyelesaikan pembayaran

• Setelahnya akan muncul halaman Sukses

iii. Direct Debit BRI

• Akan muncul halaman daftar kartu Debit BRI yang telah terdaftar di aplikasi BRIMOLA

• Jika belum ada data kartu Debit BRI yang terdaftar, maka user akan diarahkan ke halaman penginputan data kartu Debit BRI, dengan inputan data antara lain : Nomor Kartu, Nomor Handphone yang terdaftar di perbankan, dan kode OTP yang dikirimkan ke nomor Handphone yang terdaftar di perbankan

• User diminta untuk memilih data Kartu Debit BRI yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran

• Jika saldo mencukupi, maka akan muncul halaman Sukses

e. Jika pembayaran berhasil, maka kuota akan terpotong otomatis dan Agen akan melakukan pengiriman tabung gas sesuai pesanan

13. Apakah Pangkalan dapat melakukan pemesanan melebihi Kuota pada aplikasi ?

Tidak. Pemesanan harus sesuai sisa kuota pada aplikasi BRIMOLA (sesuai dengan yang di input Agen pada Sistem SIMELON).

14. Apabila Pangkalan tidak dapat melakukan pemesanan :

a. Pastikan Kuota pada aplikasi tersedia

b. Apabila kuota tidak tersedia sejak awal hari (belum melakukan pemesanan sama sekali pada hari tersebut), Pangkalan dapat menguhubungi Agen yang bersangkutan, untuk dapat dilakukan input kuota di aplikasi SIMELON Pertamina. Hal ini dikarenakan BRIMOLA hanya membaca data kuota dari sistem SIMELON pertamina

16. Bagaimana jika terjadi kekeliruan saat input order (keliru saat input harga tabung / tanggal pengiriman), Kode BRIVA sudah keluar tetapi belum terbayar ?

Tidak perlu membayar nomor BRIVA tsb, lakukan order ulang, selanjutnya lakukan pembayaran berdasarkan kode BRIVA baru yang muncul saat order ulang.

17. Apakah pada pembayaran dengan Kartu Kredit/Debit Online, dana yang terdebet dari rekening Pangkalan langsung masuk ke rekening Agen ?

Tidak. Dana akan masuk ke rekening Agen 2 hari kerja setelah tanggal pembayaran. Hal ini dikarenakan ada proses rekonsiliasi transaksi dan settlement dana ke rekening Agen yang membutuhkan waktu minimal 2 hari kerja.

18. Apakah pada pembayaran dengan Kartu Debit BRI, dana yang terdebet dari rekening Pangkalan langsung masuk ke rekening Agen ?

Ya. Dana yang terdebet dari rekening Pangkalan langsung masuk ke rekening Agen tanpa adanya proses rekonsiliasi transaksi maupun settlement dana.

19. Bagaimana jika Rekening Pangkalan sudah terdebet namun status order di BRIMOLA belum terbayar ?

a. Pangkalan melakukan rekon manual dengan agen, berdasarkan mutasi rekening atas pembayaran yang telah dilakukan

b. Dapat menghubungi Tenaga Pemasar / FO / RM Dana Kantor Cabang BRI terdekat untuk memberitahu permasalahan ini sehingga dapat dieskalasi ke tim Kantor Wilayah BRI dan Kantor Pusat BRI

c. Untuk respons yang lebih cepat dapat menghubungi contact center BRI untuk BRIMOLA dengan nomor 0804-1000-500 (Toll Free) atau melalui email helpdesk.NIK@bri.co.id.

20. Jika Pangkalan tidak memiliki perangkat handphone sesuai minimum requirement / tidak memiliki jaringan Internet, bagaimana cara mengetahui info kuota atau melakukan pemesanan ?

Info kuota dapat dilakukan melalui SMS ke 3300 dengan Format:

INFO(spasi)LPG3KG

Pemesanan dapat dilakukan melalui SMS ke 3300 dengan Format:

REG(spasi)LPG3KG(spasi)[Jumlah Tabung](spasi)[tanggal kirim format ”ddmmyyyy”]